PEMBANGKIT LISTRIK

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)



Jenis Pembangkit Listrik Tenaga Diesel

Jenis pembangkit listrik ini menggunakan bahan solar sebagai bahan bakarnya. PLTD tidak ditujukan untuk memenuhi kebutuhan listrik yang besar, namun lebih cocok untuk mencukupi kebutuhan listrik yang kecil.


Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)



Jenis Pembangkit Listrik Tenaga Air
Pembangkit Listrik Tenaga Air sudah sangat dikenal penggunaannya. Di Indonesia sendiri, jenis pembangkit listrik ini merupakan yang utama. PLTA tersebar di seluruh daerah di Indonesia.



 Pembangkit Listrik Tenaga Batubara (PLTB)

Jenis Pembangkit Listrik Tenaga BatubaraPin it!Share on Facebook
Sebagai penghasil batubara yang besar dan pengekspor batubara terbesar kedua di dunia, tak heran bila banyak PLTB tersebar di Indonesia.



Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Jenis Pembangkit Listrik Tenaga Angin
Jenis pembangkit listrik ini membuat angin memutar turbin. Putaran pisau turbin berubah menjadi arus listrik dengan bantuan generator. Sebagai salah satu energi yang terbarukan, pembangkit listrik tenaga angin tidak menimbulkan emisi sehingga ramah lingkungan. Untuk membuatnya tidak memerlukan lahan sebesar jenis pembangkit listrik lain sehingga lebih hemat tempat.

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)

Jenis Pembangkit Listrik Tenaga Uap
Hasil pemanasan ketel uap pada PLTU menghasilkan uap yang memutar turbin sehingga menghasilkan listrik. Bahan bakar dari PLTU adalah minyak ataupun batubara. Cara kerja PLTU adalah air dipompa ke dalam pipa air di sekeliling ketel uap. Kemudian udara dan bahan bakar yang sudah menjadi satu disemprotkan ke dalam ruang bakar yang menyala. Terjadilah pembakaran sehingga bahan bakar berubah menjadi energi kalor atau panas.

sumber:
https://neuhauslabs.com/jenis-pembangkit-listrik/

Comments

Popular posts from this blog

Peralatan Untuk Instalasi Listrik

JENIS SAKELAR DAN FUNGSI